Sekolah KB TK Taruna Prima

FAQ

INFORMASI TENTANG KB TK TARUNA PRIMA

Sekolah KB TK Taruna Prima

PROFIL

KB TK Taruna Prima berdiri pertama kali di Yogyakarta pada tanggal 6 Juni 2001 dengan nama TK & Playgroup Kreatif Primagama, 21 September 2021 rebranding menjadi KB TK Taruna Prima.

KB TK Taruna Prima sampai dengan sekarang ada 10 cabang; diantaranya: Yogyakarta 3 cab, Surakarta, Surabaya, Sidoarjo, Padang, Probolinggo, Jagakarsa. (data Juli 2023)

KB TK Taruna Prima berada di bawah naungan Yayasan Prima Indonesia Kreatif yang berpusat di Yogyakarta.

  • Visi KB TK Taruna Prima: terwujudnya anak didik yang unggul, berakhlaq mulia, memiliki jati diri yang baik,  kreatif, cerdas, sehat, terampil dalam kehidupan sehari- hari berdasar pada budaya bangsa dan kehidupan islami

  • Indikator Visi :
  1. anak mampu berkembang secara optmal sesuai dengan tahapan tugas perkembangannya serta aspek kemampuan yang dikembangkan
  2. anak mampu berkomunikasi dengan baik
  3. anak mampu secara mandiri melakukan aktivitas sehari – hari yang berhubungan dengan dirinya
  4. anak memahami apa yang menjadi tanggungjawabnya dan mampu menyelesaikannya
  5. anak dapat menerapkan kebiasaan hidup positif yang islami dalam kehidupan sehari – hari
  6. anak dapat melakukan kegiatan religiusitas seperti rukun sholat, bacaan sholat, mengenal huruf hijaiyah, bacaan hadist dan surat pendek
  7. anak mampu menggunakan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan usianya

  • Misi KB TK Taruna Prima :
  1. menyelenggarakan proses belajar mengajar yang kreatif, inovatif berdasar budaya bangsa dan kehidupan islami
  2. membiasakan budaya hidup positif dan islami dalam kegiatan sehari – hari melalui pendidikan karakter dan kecakapan hidup
  3. memfasilitasi anak sesuai dengan gaya belajar yang paling menonjol dan disukai oleh anak
  4. menyelenggarakan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi informasi
  5. menyiapkan anak didik ke jenjang pendidikan dasar dengan ketercapaian kompetensi dasar sesuai dengan tahap perkembangannya

Sekolah KB TK Taruna Prima

KURIKULUM

Material kurikulum yang digunakan KB TK Taruna Prima adalah modifikasi dari Kurikulum Dinas Pendidikan dan Departemen Agama yang disusun oleh Tim Kreatif KB TK Taruna Prima dengan menambah kurikulum lokal dengan ciri khusus Islami, yang dikenal dengan istilah “Kurikulum Interdependent”, yaitu: kurikulum yang berpusat pada “proses yang menekankan pada adanya interaksi dan saling ketergantungan dari semua komponen / unsur / aspek yang terdapat dalam proses belajar – mengajar

Kelebihan kurikulum KB TK Taruna Prima adalah dalam pelaksanaan kurikulum ini KB TK Taruna Prima selalu didasarkan pada “Individual Differences” dengan kata lain proses pembelajaran selalu menekankan pada tahapan perkembangan anak – anak secara personal bahwa setiap anak itu unik, berbeda satu dengan yang lain, anak didik dilayani dengan berbagai karakteristik belajar yang lebih dominan dan disenangi olehnya, baik itu karakteristik belajar tipe visual, tipe auditorial maupun tipe kinestetik. Selain itu dalam “Interdependent Curriculum” cakupan “Multiple Intelligence” juga menjadi prinsip utama yang secara substansial meliputi : komunikasi secara efektif, literasi dan numerasi, sains dan teknologi apresiasi seni, detail, terbiasa hidup sehat kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain kemampuan untuk memahami diri, kecintaan terhadap alam semesta, religiusitas (Iman, Islam dan Ihsan), yang mana semuanya itu hanya akan dikembangkan oleh anak melalui “Fun Learning” yang merupakan revolusi belajar yang menjadi kebutuhan seoarang anak. Selain itu di KB TK Taruna Prima juga memiliki sistem yang bilingual, yaitu system yang menggunakan 2 (dua) bahasa sebagai pengantar dalam pengajaran; Indonesia dan Inggris.

Metode

Global and Dynamic Learning

Proses pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan eksplorasi anaksecara menyeluruh pada semua aspek kemampuan dan perkembangan anak, dimana anak diberikan keleluasaan bergerak bebas memilih aktivitas dan materi yang dirancang untuk menumbuhkan ”self concept” dan kreatifitas.

  • KB TK Taruna Prima menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung semua kegiatan dan memabntu anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, spiritual, sosial dan psikomotorik meliputi :
    1. Ruang bermain Area luar yang dilengkapi alat permainan yang aman: non toksid (Out door area)
    2. Ruang bermain in door yang aman / non toksid (In door Area)
    3. Ruang ibadah (Praying room)
    4. Ruang pusat sumber belajar (Library room)
    5. Ruang audio visual (televisi, video, komputer) (Audio visual room)
    6. Ruang kesehatan (Health room)
    7. Ruang dapur (Kitchen Room)
    8. Ruang kelas ber AC
    9. Tenaga pengajar professional, terlatih dan handal
  • Fasilitas yang diberikan oleh KB TK Taruna Prima diantaranya:
    1. Seragam sekolah sebanyak 4 (empat) stel yang terdiri dari seragam muslim, overall, batik dan olahraga.
    2. Buku daily record ; yang merupakan buku penghubung antara orang tua di rumah dengan guru di sekolah
    3. Buku tuntunan do’a
    4. Buku prestasi santri
  • Program unggulan di KB TK Taruna Prima, terdiri dari 2 (dua):

1.Kegiatan Utama:

      • SCIENCE (SAINS dan IPTEK)

Yaitu: Kegiatan yang memungkinkan anak melakukan pengamatan, eksperimen dan manipulasi objek, menggunakan objek atau benda baik nyata, orang, replika, maupun gambar. Kegiatan ini berkaitan dengan pencarian informasi baik itu lewat literatur, TV, Video dan sebagainya

      • COMPUTER KIDS

Yaitu: Kegiatan yang menggunakan media visual berupa komputer dalam proses pembelajaran anak. Kegiatan computer kids ini mencakup pengenalan komputer secara sederhana kepada anak yang diberikan secara personal berikut dengan program yang telah ditentukan

      • ART AND CRAFT

Yaitu: Kegiatan yang melibatkan otot-otot halus, mengembangkan kemampuan motorik halus anak, menggunakan berbagai media dan sejenisnya sebagai alat bantu, dimana kegiatannya dapat dilakukan secara individual maupun klasikal, diadakan di dalam atau di luar ruangan, Kegiatan ini berkaitan dengan 4 M (Mewarnai, Menggunting, Melipat dan Mengelem)

      • LIFE SKILL

Yaitu: Kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, latihan-latihan praktis untuk membiasakan anak melakukan pekerjaan dalam lingkungannya sendiri dengan jalan mengajari mereka bagaimana menguasai hal-hal yang ada disekitarnya. Kegiatan life skill ini dapat dijadikan sebagai sesuatu habits atau kebiasaan anak-anak sehari-hari di sekolah

      • STORY DAY

Yaitu: Kegiatan yang melibatkan anak untuk dapat bercerita apa yang telah dialami, dilihat dan dirasakan. Disamping itu juga melibatkan anak untuk menceritakan kembali apa yang telah diceritakan

      • PRA (Pendidikan Religius Anak)

Yaitu: Kegiatan yang berkaitan dengan Pengembangan Agama Islam (PAI), mencakup 5 dimensi religius yang dikembangkan, yakni : religious believe, religious feeling, religious practise, religious knowledge, religious effect.

      • OUT DOOR ACTIVITY

Yaitu: Kegiatan  yang bertujuan untuk mengembangkan gerak dasar yang dilakukan di luar kelas yang bentuk kegiatannya variatif disesuaikan dengan aspek kemampuan yang ingin dikembangkan. Misalnya : gobak sodor, engklek,  dakon, dolanan bocah, dan sebagainya

      • FIELD TRIP

Yaitu: Kegiatan berupa “kunjungan lapangan”, dimana kegiatan ini lebih dipusatkan pada tujuan memperlihatkan kepada anak secara nyata tentang objek tema yang dibahas minggu ini.. Field trip tidak harus selalu dilaksanakan di luar arena sekolah, tetapi juga dapat dilakukan cukup di sekitar area sekolah atau di lingkungan sekolah terdekat, asalkan sesuai dengan topik atau tema bahasan

      • EXPERT ARRIVAL

Yaitu: Kegiatan yang mendatangkan orang yang memiliki keahlian atau profesi tertentu ke sekolah dengan tujuan memperlihatkan kepada anak secara nyata tentang objek tema yang dibahas

      • OUT BOUND KIDS

Yaitu: Kegiatan yang bertujuan mengembangkan kemampuan mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan, menumbuhkan kepercayaan diri, kreatifitas, kemandirian, kerjasama, rasa ingin tahu serta kecintaan terhadap alam, ciptaan Allah melalui aktivitas dalam “the value games

      • LITERASI & NUMERISASI

Yaitu: Kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan membaca, menulis dan menghitung yang diberikan selalu perpegang teguh pada philosophy dan prinsip “Individual Differences” dan diberikan dalam suasana “Bermain sambil Belajar

      • HABITS FORMING

Yaitu: Kegiatan berupa pembiasaan hidup positif, yang dilatihkan kepada anak yang terinspirasi dari “ The Six habits highly”

 

2.Kegiatan Penunjang:

      • RENANG / AKUATIK

Yaitu: Kegiatan berupa ekplorasi air yang merupakan bagian dari intrakurikuler, sehingga wajib diikuti oleh anak

      • PEMERIKSAAN KESEHATAN

Yaitu: Merupakan kegiatan monitoring, terhadap kesehatan anak, seperti cek dokter mengenai kesehatan, berat badan, tinggi badan anak, kesehatan gigi, penyuluhan gizi dan penyakit menular

      • KONSULTASI PSIKOLOGI

Yaitu: Merupakan bentuk fasilitas sekolah yang berkaitan dengan monitoring terhadap masalah Psikologi anak

  • Kegiatan Intrakurikuler
    1. Bahasa Inggris
    2. Komputer
    3. Seni Tari
    4. Seni Lukis
    5. Seni Vokal dan Puisi
    6. Angklung
  • Kegiatan Ekstakurikuler
    1. Seni Tari
    2. Seni Lukis
    3. Drum Band
    4. Seni Musik / Vokal
    5. Bahasa Inggris
    6. Sempoa
    7. Bela Diri
    8. 3 M (Membaca, Menulis, Menghitung)
  • Meliputi 2 Aspek Pengembangan, yaitu :
    • Aspek Aqidah (Pengenalan Dasar Keislaman)
      1. Hafalan Doa Sehari – Hari
      2. Hafalan Surat Pendek (± 11 surat)
      3. Praktek Ibadah (mis. Wudhu, Sholat)
      4. Hafalan Hadist
    • Aspek  Akhlaqul Karimah
      1. Kemandirian
      2. Sosial – Emosional
      3. Kedisiplinan
      4. Kemasyarakatan

Program kegiatan belajar di KB TK Taruna Prima merupakan satu kesatuan Progam kegiatan belajar yang terintegrasi dalam “Interdependent Curriculum” yang mencakup :

1. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Religiusitas, meliputi 2 aspek pengembangan, yaitu :

    • Aspek Aqidah (bertujuan mengenalkan kepada anak didik dasar – dasar keislaman)
      1. Hafalan doa sehari-hari
      2. Hafalan surat pendek
      3. Praktek ibadah
      4. Hafalan hadist
    • Aspek Akhlaqul Karimah (bertujuan memberikan dasar pribadi yang sholeh, mempersiapkan anak didik sedini mungkin untuk mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh budi pekerti dan nilai – nilai Islami)
      1. Kemandirian
      2. Sosial – emosional
      3. Kedisiplinan
      4. Kemasyarakatan

2. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Kemampuan Dasar, meliputi 4 aspek pengembangan, yaitu :

    1. Aspek berbahasa (bertujuan agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungan)
    2. Aspek kognitif (bertujuan membentuk anak didik yang kreatif, yaitu lancar, fleksibel dan orisinil, dalam tutur kata, berpikir, serta mampu menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui dengan pengetahuan yang baru diperolehnya)
    3. Aspek fisik dan motorik (bertujuan mengembangkan keterampilan motorik kasar anak didik dalam berolah tubuh untuk pertumbuhan dan kesehatannya)
    4. Aspek seni (bertujuan mengembangkan keterampilan motorik halus anak didik dalam berolah tangan)

3. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Kemampuan Kecakapan Hidup (Life Skill), meliputi 3 aspek pengembangan, yaitu :

    1. Healthy and food beverage
    2. Gardening
    3. Cleaning, and house keeping
    4. School

4. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional

  • Pelaksanaan KBM akan dimulai pada pukul 07.30 s/d 11.00 khusus untuk TK A & TK B, sedangkan untuk Playgroup mulai pukul 07.30 s/d 10.30.

Untuk Playgroup A : Selasa, Kamis, Jum’at

Untuk Playgroup B : Senin, Rabu, Jum’at

(Khusus untuk hari Jum’at, pelaksanaan KBM di Playgroup secara klasikal.)

Untuk TK A & TK B : setiap hari dari Senin s/d Jum’at

  • Untuk pembagian hari:

Hari Senin, Rabu, Jum’at   : Iqro

Hari Selasa, Kamis             : Membaca

Sedangkan untuk English Day dilaksanakan setiap harinya dan Talents Day diadakan dalam seminggu berdasarkan jadwal yang telah ditentukan dari pihak sekolah. (Contoh talents day yang ada di Yogyakarta: drum band, seni lukis, seni tari, angklung

Tema Untuk Play Group

Semester I

  1. Diri Sendiri
  2. Rumah dan Keluarga
  3. Makanan dan Minuman
  4. Pakaian
Semester II
  1. Lingkungan Sosial
  2. Lingkungan Alam
  3. Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan

Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk Playgroup A:

Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk Playgroup B:

Tema Untuk Taman Kanak – Kanak

Semester I

  1. Diri Sendiri
  2. Lingkungan
  3. Kebutuhanku
  4. Binatang
  5. Tanaman
Semester II
  1. Rekreasi
  2. Pekerjaan
  3. Alat Komunikasi
  4. Tanah Airku
  5. Alam Semesta

Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk TK A:

Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk TK B:

Sekolah KB TK Taruna Prima

UMUM

Proses pengajaran calistung sudah dikenalkan sejak anak berada di Playgroup dan pemberian materinya dalam konteks yang berbeda – beda, Misal:

  1. Untuk Playgroup A konsep membaca dimulai dari huruf vokal, untuk konsep berhitung dimulai dari hitungan 1 – 5, sedang konsep menulis belum diberikan.
  2. Untuk Playgroup B konsep membaca sudah mengenal huruf konsonan, untuk konsep menulis sudah diberikan dalam bentuk penulisan nama sendiri, sedang untuk konsep berhitung ditambah hingga hitungan 10.
  3. Untuk TK A sudah mulai membaca 2 suku kata, menulis dan membuat kalimat, dan untuk konsep berhitung hingga hitungan 50 ditambah dengan konsep penjumlahan.
  4. Untuk TK B konsep membaca sudah berlaku membaca majalah, menterjemahkan gambar ke dalam bentuk tulisan dan membuat cerita berdasarkan imajinasi anak, sedang untuk konsep berhitung sudah mencapai hitungan 100 ditambah dengan konsep pengurangan dan soal cerita.

Perbandingan jumlah siswa dengan guru dalam satu kelas adalah:

  • Playgroup A dan B = 1: 7 (satu guru untuk tujuh siswa)
  • TK A dan B = 1 : 10 (satu guru untuk Sepuluh siswa)

Batas toleransi anak ditunggu orangtua atau pengasuh di dalam sekolah adalah:

  • Untuk Playgroup A dan B bisa ditunggu maksimal sampai 1 bulan pertama dia masuk sekolah
  • Untuk TK A dan B bisa ditunggu maksimal sampai 2 minggu pertama dia masuk sekolah

Komunikasi orang tua dengan guru dapat melalui:

  • Langsung konseling dengan guru atau kepala sekolah
  • Daily Record, melalui buku ini orang tua dapat melihat materi yang diberikan ke anak dalam satu minggu berikut dengan penilaian harian. Daily Record diberikan setiap hari jumat untuk Playgroup dan setiap 2 hari sekali untuk TK.
  • Daftar 200.000
  • Biaya masuk 6-7 juta / selama sekolah
  • Biaya kegiatan 4 jt-an / per-tahun
  • SPP Fullday 1.350.000 / bulan (07.00-16.00)
  • SPP Reguler 700.000 / bulan (07.00-11.00)

Ada, sesuai dengan kesepakatan

BABY & CHILD CARE

Daily Activities Baby Care

TIME

INFANT

(3 Bln – <12 Bln )

 

TODDLER

(12 Bln –  <24 Bln)

07 .00  –  08.00

Arrival,Sun Bath,Morning  Bath

Arrival

 

08.00  – 09.00

Breakfast/Milk Time

Breakfast

 

09.00  – 10.00

Sleep Time

Class Activity

 

10.00  – 10.30

Juice Time/Milk Time

Snack Time/Milk Time

 

10.30  – 11.30

Class activity  and stimulation

Sleep Time

 

11.30  – 12.30

Lunch/Milk Time

Lunch

 

12.30  – 14.00

Sleep Time

Free Play

 

14.00  –  15.00

Afternoon Bath

(waiting for  parent to arrive  and go home)

Afternoon Bath

(waiting for  parent to arrive  and go home)

FASILITAS yang diberikan Baby & Child Care

  • Goodybag (minyak telon, bedak, sabun, shampo, baby oil, washlap)

Keterangan: diberikan satu kali saat awal masuk

  • Baby bed room full AC
  • Alat permainan edukasi
  • Tempat bermain indoor dan outdoor
  • Peralatan Olahraga
  • Pemeriksaan kesehatan
  • Baby massege
  • perpustakaan
  • Audio visual room
  • Buku kegiatan harian
  • Snack, makan siang, dan buah
Scroll to Top