INFORMASI TENTANG KB TK TARUNA PRIMA
Sekolah KB TK Taruna Prima
KB TK Taruna Prima berdiri pertama kali di Yogyakarta pada tanggal 6 Juni 2001 dengan nama TK & Playgroup Kreatif Primagama, 21 September 2021 rebranding menjadi KB TK Taruna Prima.
KB TK Taruna Prima sampai dengan sekarang ada 10 cabang; diantaranya: Yogyakarta 3 cab, Surakarta, Surabaya, Sidoarjo, Padang, Probolinggo, Jagakarsa. (data Juli 2023)
KB TK Taruna Prima berada di bawah naungan Yayasan Prima Indonesia Kreatif yang berpusat di Yogyakarta.
Sekolah KB TK Taruna Prima
Material kurikulum yang digunakan KB TK Taruna Prima adalah modifikasi dari Kurikulum Dinas Pendidikan dan Departemen Agama yang disusun oleh Tim Kreatif KB TK Taruna Prima dengan menambah kurikulum lokal dengan ciri khusus Islami, yang dikenal dengan istilah “Kurikulum Interdependent”, yaitu: kurikulum yang berpusat pada “proses yang menekankan pada adanya interaksi dan saling ketergantungan dari semua komponen / unsur / aspek yang terdapat dalam proses belajar – mengajar
Kelebihan kurikulum KB TK Taruna Prima adalah dalam pelaksanaan kurikulum ini KB TK Taruna Prima selalu didasarkan pada “Individual Differences” dengan kata lain proses pembelajaran selalu menekankan pada tahapan perkembangan anak – anak secara personal bahwa setiap anak itu unik, berbeda satu dengan yang lain, anak didik dilayani dengan berbagai karakteristik belajar yang lebih dominan dan disenangi olehnya, baik itu karakteristik belajar tipe visual, tipe auditorial maupun tipe kinestetik. Selain itu dalam “Interdependent Curriculum” cakupan “Multiple Intelligence” juga menjadi prinsip utama yang secara substansial meliputi : komunikasi secara efektif, literasi dan numerasi, sains dan teknologi apresiasi seni, detail, terbiasa hidup sehat kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain kemampuan untuk memahami diri, kecintaan terhadap alam semesta, religiusitas (Iman, Islam dan Ihsan), yang mana semuanya itu hanya akan dikembangkan oleh anak melalui “Fun Learning” yang merupakan revolusi belajar yang menjadi kebutuhan seoarang anak. Selain itu di KB TK Taruna Prima juga memiliki sistem yang bilingual, yaitu system yang menggunakan 2 (dua) bahasa sebagai pengantar dalam pengajaran; Indonesia dan Inggris.
Global and Dynamic Learning
Proses pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan eksplorasi anaksecara menyeluruh pada semua aspek kemampuan dan perkembangan anak, dimana anak diberikan keleluasaan bergerak bebas memilih aktivitas dan materi yang dirancang untuk menumbuhkan ”self concept” dan kreatifitas.
1.Kegiatan Utama:
Yaitu: Kegiatan yang memungkinkan anak melakukan pengamatan, eksperimen dan manipulasi objek, menggunakan objek atau benda baik nyata, orang, replika, maupun gambar. Kegiatan ini berkaitan dengan pencarian informasi baik itu lewat literatur, TV, Video dan sebagainya
Yaitu: Kegiatan yang menggunakan media visual berupa komputer dalam proses pembelajaran anak. Kegiatan computer kids ini mencakup pengenalan komputer secara sederhana kepada anak yang diberikan secara personal berikut dengan program yang telah ditentukan
Yaitu: Kegiatan yang melibatkan otot-otot halus, mengembangkan kemampuan motorik halus anak, menggunakan berbagai media dan sejenisnya sebagai alat bantu, dimana kegiatannya dapat dilakukan secara individual maupun klasikal, diadakan di dalam atau di luar ruangan, Kegiatan ini berkaitan dengan 4 M (Mewarnai, Menggunting, Melipat dan Mengelem)
Yaitu: Kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, latihan-latihan praktis untuk membiasakan anak melakukan pekerjaan dalam lingkungannya sendiri dengan jalan mengajari mereka bagaimana menguasai hal-hal yang ada disekitarnya. Kegiatan life skill ini dapat dijadikan sebagai sesuatu habits atau kebiasaan anak-anak sehari-hari di sekolah
Yaitu: Kegiatan yang melibatkan anak untuk dapat bercerita apa yang telah dialami, dilihat dan dirasakan. Disamping itu juga melibatkan anak untuk menceritakan kembali apa yang telah diceritakan
Yaitu: Kegiatan yang berkaitan dengan Pengembangan Agama Islam (PAI), mencakup 5 dimensi religius yang dikembangkan, yakni : religious believe, religious feeling, religious practise, religious knowledge, religious effect.
Yaitu: Kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan gerak dasar yang dilakukan di luar kelas yang bentuk kegiatannya variatif disesuaikan dengan aspek kemampuan yang ingin dikembangkan. Misalnya : gobak sodor, engklek, dakon, dolanan bocah, dan sebagainya
Yaitu: Kegiatan berupa “kunjungan lapangan”, dimana kegiatan ini lebih dipusatkan pada tujuan memperlihatkan kepada anak secara nyata tentang objek tema yang dibahas minggu ini.. Field trip tidak harus selalu dilaksanakan di luar arena sekolah, tetapi juga dapat dilakukan cukup di sekitar area sekolah atau di lingkungan sekolah terdekat, asalkan sesuai dengan topik atau tema bahasan
Yaitu: Kegiatan yang mendatangkan orang yang memiliki keahlian atau profesi tertentu ke sekolah dengan tujuan memperlihatkan kepada anak secara nyata tentang objek tema yang dibahas
Yaitu: Kegiatan yang bertujuan mengembangkan kemampuan mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan, menumbuhkan kepercayaan diri, kreatifitas, kemandirian, kerjasama, rasa ingin tahu serta kecintaan terhadap alam, ciptaan Allah melalui aktivitas dalam “the value games
Yaitu: Kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan membaca, menulis dan menghitung yang diberikan selalu perpegang teguh pada philosophy dan prinsip “Individual Differences” dan diberikan dalam suasana “Bermain sambil Belajar
Yaitu: Kegiatan berupa pembiasaan hidup positif, yang dilatihkan kepada anak yang terinspirasi dari “ The Six habits highly”
2.Kegiatan Penunjang:
Yaitu: Kegiatan berupa ekplorasi air yang merupakan bagian dari intrakurikuler, sehingga wajib diikuti oleh anak
Yaitu: Merupakan kegiatan monitoring, terhadap kesehatan anak, seperti cek dokter mengenai kesehatan, berat badan, tinggi badan anak, kesehatan gigi, penyuluhan gizi dan penyakit menular
Yaitu: Merupakan bentuk fasilitas sekolah yang berkaitan dengan monitoring terhadap masalah Psikologi anak
Program kegiatan belajar di KB TK Taruna Prima merupakan satu kesatuan Progam kegiatan belajar yang terintegrasi dalam “Interdependent Curriculum” yang mencakup :
1. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Religiusitas, meliputi 2 aspek pengembangan, yaitu :
2. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Kemampuan Dasar, meliputi 4 aspek pengembangan, yaitu :
3. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Kemampuan Kecakapan Hidup (Life Skill), meliputi 3 aspek pengembangan, yaitu :
4. Program kegiatan belajar dalam rangka Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional
Untuk Playgroup A : Selasa, Kamis, Jum’at
Untuk Playgroup B : Senin, Rabu, Jum’at
(Khusus untuk hari Jum’at, pelaksanaan KBM di Playgroup secara klasikal.)
Untuk TK A & TK B : setiap hari dari Senin s/d Jum’at
Hari Senin, Rabu, Jum’at : Iqro
Hari Selasa, Kamis : Membaca
Sedangkan untuk English Day dilaksanakan setiap harinya dan Talents Day diadakan dalam seminggu berdasarkan jadwal yang telah ditentukan dari pihak sekolah. (Contoh talents day yang ada di Yogyakarta: drum band, seni lukis, seni tari, angklung
Tema Untuk Play Group
Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk Playgroup A:
Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk Playgroup B:
Tema Untuk Taman Kanak – Kanak
Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk TK A:
Contoh goal setting (tujuan pembelajaran) untuk TK B:
Sekolah KB TK Taruna Prima
Proses pengajaran calistung sudah dikenalkan sejak anak berada di Playgroup dan pemberian materinya dalam konteks yang berbeda – beda, Misal:
Perbandingan jumlah siswa dengan guru dalam satu kelas adalah:
Batas toleransi anak ditunggu orangtua atau pengasuh di dalam sekolah adalah:
Komunikasi orang tua dengan guru dapat melalui:
Ada, sesuai dengan kesepakatan
BABY & CHILD CARE
Daily Activities Baby Care
TIME | INFANT (3 Bln – <12 Bln )
| TODDLER (12 Bln – <24 Bln) |
07 .00 – 08.00 | Arrival,Sun Bath,Morning Bath | Arrival
|
08.00 – 09.00 | Breakfast/Milk Time | Breakfast
|
09.00 – 10.00 | Sleep Time | Class Activity
|
10.00 – 10.30 | Juice Time/Milk Time | Snack Time/Milk Time
|
10.30 – 11.30 | Class activity and stimulation | Sleep Time
|
11.30 – 12.30 | Lunch/Milk Time | Lunch
|
12.30 – 14.00 | Sleep Time | Free Play
|
14.00 – 15.00 | Afternoon Bath (waiting for parent to arrive and go home) | Afternoon Bath (waiting for parent to arrive and go home) |
FASILITAS yang diberikan Baby & Child Care
Keterangan: diberikan satu kali saat awal masuk