Keterampilan numerasi pada anak usia dini juga terkait dengan kemampuan pemecahan masalah dasar dan penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Numerasi adalah kemampuan untuk menerapkan konsep bilangan dan ketrampilan berhitung dalam kehidupan sehari-hari.
Mengapa Keterampilan Numerasi Awal Penting ?
- Mendukung anak dengan cara berpikir matematis yang dibutuhkan untuk terlibat aktif di
- Membantu anak dalam mengamati, mengelola, dan menemukan makna dari lingkungan
- Memberikan pijakan bagi anak untuk dapat belajar menalar, menghubungkan ide- ide, dan berpikir
Tiga tahapan belajar bilangan
1. Inti bilangan yaitu Kemampuan untuk menghitung dengan benar dengan:
- Membilang dengan urutan yang benar yaitu menyebutkan nama-nama dan urutan bilangan yang benar
- Korespondensi satu-satu yaitu kemampuan untuk memasangkan satu benda dengan benda lainnya
- Kardinalitas yaitu menyebutkan nama terakhir bilangan yang disebutkan sebagai jumlah benda yang dihitung
- Paham nilai tempat
- Menulis lambang bilangan
Contoh kegiatan :
2. Hubungan antar bilangan satu dengan lainnya, meliputi:
- Membandingkan dua kelompok yaitu memahami konsep sama, lebih, dan kurang dari antar dua kelompok
Contoh kegiatan :
- Mengurutkan beberapa kelompok yaitu mengurutkan kelompok mana paling banyak, berada di tengah, maupun paling sedikit. Aturannya bias dari paling kecil ke besar atau sebaliknya
3. Operasi Bilangan
Belajar konsep penjumlahan dan pengurangan serta keterkaitan antar penjumlahan dan pengurangan.
Contoh kegiatan :
4. Geometri
- Mengurutkan pola geometri berikutnya
- Mengelompokkan pola geometri
Contoh kegiatan :